Sunday, October 30, 2011

Found a great place to print and develop photo in Bali



Sudah lama aku tidak merasakan pameran foto selayaknya waktu saya kuliah dulu. Kegiatan foto2 jg sudah mulai berkurang, kalau ada waktu luang aja pasti aku bakal mengkokang kameraku. Jadinya terasa gatel... banget pengen mencet tombol shutternya. Rasanya pengen mencetak hasil2 foto yang dulu pernah ku ambil, tetapi belum aku cetak. Mungkin dulu kalau masih Kuliah, untuk ongkos biaya ngeprintnya mungkin rada mahal di bandingin di Indonesia. Nah, sesampainya di Bali. Sekarang kendalanya mencari tempat yang pas untuk mencetak fotonya dan mendevelop foto2 yg aku ambil pake kamera analogku.

Harvest*

Beberapa minggu lalu aku sempet pengen cuci roll filmku dan mencoba nge print foto. Biasanya aku pergi ke toko langganan di Fujifilm deket gelael. Mungkin untuk biaya cuci film dan nge-scan rada mahal, dan kualitas warna cetaknya jauh dari bagus. Nah selagi aku nunggu, aku teringat kata temen ku ada toko develop n print foto yg murah dan bagus di deket pertokoan udayana. Aku coba pergi kesana buat test print, dan alhasil mungkin rada kecewa jg dengan warnanya. Eh, entah mengapa aku dikasih ama ownernya (mungkin) ke ruang developnya. Dia ngasih untuk perbaikin warnanya dan print ulang hingga warnanya sesuai dengan seleraku. WOW, sungguh tidak bisa di bayangkan ada toko seperti ini yg bener2 memberikan service yang membuat para photographer begitu senang, dan bisa mendapatkan yang dia inginkan. Alhasil aku jadi mulai memilih untuk menaruh kepercayaan ku untuk mendevelop film2ku dan mencetak foto2 ku dsana. Di bandingin toko Fuji yang ada di Gelael.

Toko cetak film ini namanya Colour digital photo Lab, di Jl. Latda Made Putra 45-DPS. Dia bener2 specialis untuk cuci cetak foto dengan menggunakan chemical, bukan menggunakan tinta printer. Mungkin ini yg membedakan di antara toko laen. Staffnya ya ramah, dan enak untuk di ajak berbincang2 di saat menunggu film atau mencetaknya.

Ceremonial for leaving this world**

Sesuatu hal yang menarik juga yang baru aku ketahuin juga ternyata toko ini sebagai tempat anak2 lomography mencuci dan menscan film2 mereka. Sungguh menarik tempat ini. Tempat ini jg menerima cuci B&W juga, tapi sayangnya chemicalnya belom datang. Jadinya endk isa cuci B&Wnya deh. Benernya sudah bawa banyak. Next time bakal balek lagi lah.

Ya semoga aja tempat kayak begini bisa awet.

*foto pake Hasselblad 500C - Carl-Zeis 150 mm f/4 T* Sonnar - Film Potra 400VC
**foto pake Hasselblad 500C - Carl-Zeis 50 mm f/4 T* Sonnar - Film Potra 400VC

No comments:

Post a Comment